Dari Iseng Jadi Sukses: Perjalanan Bagas Ardhiansyah dalam Bisnis Keripik Tempe dan MC Wedding

Bagas Andriansyah
Bagas Ardhiansyah (Dok. Ist)


MediaWarta.id - Menjalankan dua bidang bisnis sekaligus tentu bukan hal yang mudah. Namun, Bagas Ardhiansyah berhasil membuktikan bahwa dengan manajemen waktu yang baik dapat mengantarkan kesuksesan 

ia dapat menjalankan usaha keripik tempe dan aktif sebagai Master of Ceremony (MC) profesional, terutama di acara pernikahan.

Bagas memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sejak duduk di bangku kuliah. Awalnya, ia hanya ingin mengisi waktu luang dengan hal yang produktif. 

Dari coba-coba, akhirnya ia menciptakan produk keripik tempe yang kini dikenal dengan nama Keripik Tempe Oishi.

"Saya memilih untuk berbisnis karena ingin mencoba untuk mengisi waktu luang agar produktif, berawal dari iseng aja sih waktu itu, sambil kuliah semester akhir, mencoba hal baru dengan membuat sebuah produk yang kemudian bisa bertahan hingga sekarang, mulai dari urus perizinan usaha sampai pada akhirnya produk saya sudah sertifikasi halal dan siap edar dengan izin PIRT," Ungkap Bagas pada Selasa, (4/5)

Menjalankan bisnis ini membuatnya semakin percaya diri untuk terus berkembang. Apalagi saat bulan Ramadan, permintaan keripik tempe meningkat drastis, terutama dalam bentuk kiloan untuk stok camilan saat Lebaran.

Selain menjalankan usaha keripik tempe, Bagas juga aktif sebagai MC profesional. Berbekal pengalaman sebagai freelance MC sejak kuliah, ia kini fokus mengembangkan karier di dunia MC wedding.

Untuk mengatur waktu antara dua bisnisnya, Bagas menerapkan sistem jadwal yang ketat. Ia mencatat jadwal acara MC yang sudah dipesan dan menyerahkan distribusi keripik tempe ke reseller serta outlet yang bekerja sama dengannya.

Tentu, menjalankan dua bisnis sekaligus bukan tanpa tantangan. Bagas mengakui bahwa tantangan terbesarnya adalah meningkatkan skala produksi dan penjualan Keripik Tempe Oishi, yang saat ini masih terbatas.

"Kendala yang utama adalah belum bisa meningkatkan secara signifikan penjualan di produk keripik tempe oishi masih skala kecil, jadi perlu fokus dan lebih konsisten untuk memasarkan namun untuk MC wedding karena merupakan pekerjaan prioritas saya saat ini jadi sejauh ini aman-aman aja tidak ada kendala dan saya merasa enjoy karena passion saya disini," Ungkapnya

Sebagai solusi, Bagas menargetkan peningkatan produksi dan distribusi agar Keripik Tempe Oishi bisa menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke luar negeri.

"Mengatasinya membuat target di tahun ini bisa lebih besar dalam produksi dan distribusi keripik tempe oishi semakin luas bahkan targetnya bisa ekspor ke luar negeri.

Dengan semangat dan strategi yang matang, Bagas Ardhiansyah membuktikan bahwa seseorang bisa sukses menjalankan dua bisnis sekaligus, asalkan memiliki manajemen waktu yang baik dan tetap fokus pada target yang ingin dicapai.

0 Komentar


Dapatkan Informasi Terkait Berita Indonesia Terkini dan Terupdate Tahun Ini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online MediaWarta.id melalui platform Google News